Benarkah Suntik Vitamin C Dapat Memutihkan Kulit ?

images

Konsumsi vitamin C banyak caranya. Baik secara alami memakan buah atau sayuran. Secara suplemen vitamin C yang memiliki dosis tinggi. Serta dengan suntikan vitamin C. Namun manakah yang lebih efektif ?

Berapakah dosis vitamin C yang diperlukan?
Anak-anak:
0-6 bulan: 40 mg per hari
7-12 bulan: 50 mg per hari
1-3 tahun: 15 mg per hari
4-8 tahun: 25 mg per hari

Pria
9-13 tahun: 45 mg per hari
4-18 tahun: 75 mg per hari
19 tahun ke atas: 90 mg per hari

Perempuan
9-13 tahun: 45 mg per hari
14-18 tahun: 65 mg per hari
19 tahun ke atas: 75 mg
Perempuan hamil (usia 19 tahun ke atas): 85 mg
Perempuan menyusui (usia 19 tahun ke atas): 120 mg

Saat kebutuhan vitamin C tidak terpenuhi, maka pembentukan kolagen pun terganggu yaitu sel-sel sulit untuk saling melekat. Sehingga timbulnya beberapa penyakit seperti sariawan, luka sulit sembuh, radang gusi, dan lain sebagainya. Sehingga konsumsi vitamin C akan membantu proses penyembuhan pada tubuh yang sakit. Injeksi atau suntik vitamin C ini ada dua cara yaitu intravena dan intramuskular. Namun untuk keamanan suntik secara intravena lebih banyak ditemukan di masyarakat. Untuk itulah penyembuhan bisa lebih optimal jika suntik vitamin C diberikan. Dalam kondisi khusus (kekurangan vitamin yang parah) injeksi vitamin C ini diberikan oleh dokter. Jadi jangan mencobanya sendiri untuk mencegah kelebihan dosisnya.

Manfaat Injeksi Vitamin C Untuk Kecantikan Kulit

Untuk kecantikan kulit, suntik vitamin C lebih efektif dibandingkan dengan mengkonsumsinya secara oral. Apalagi dengan suntik vitamin C ini langsung ke pembuluh darah dan sel-sel di kulit langsung menerima asupan vitamin C yang dibutuhkan. Vitamin C inilah yang menyebabkan kolagen pada kulit tidak mudah rusak dan terekat dengan erat. Dengan begitu sel kulit akan mengurangi kerutan pada kulit dan kulit akan lebih halus. Kolagen ini tidak hanya pada kulit saja. Tapi juga pada jaringan penghubung seperti tulang, dan ikatan sendi pada tulang.

Resiko Suntik Vitamin C

Tentu ada kelebihan ada juga kekurangan. Injeksi vitamin C ini juga memiliki kekurangan yaitu resiko yang dialami seseorang setelah melakukan injeksi vitamin C. Resikonya, bisa memacu pembentukan batu ginjal, memperburuk pasien hematokromatosis, dan memperburuk yang memiliki maag kambuhan karena vitamin C bersifat asam. Jika suntikan dilakukan secara cepat dapat menyebabkan pingsan dan pusing. Oleh karena itu dosis vitamin C tidaklah boleh sembarangan. Jika sembarangan bisa menyebabkan resiko-resiko diatas. Sehingga penggunaannya pun harus melalui resep dokter (walaupun bisa jadi ada gejala yang dapat terpicu yang belum diketahui walaupun memakai resep dokter)

Kalaupun Anda masih tetap ingin mencoba suntik Vitamin C, sebaiknya dilakukan dalam jangka waktu sekali dalam sebulan. Dan yang paling penting adalah, lakukan treatment tersebut dengan pantauan dokter di rumah sakit atau tempat perawatan kulit yang terpercaya. Jangan sembarangan menyuntikkan vitamin C ke dalam tubuh, karena bukannya menjadi cantik dan sehat, dampak buruk akan mengancam tubuh anda.

Dari berbagai sumber :
1.mysuncare.com
2.wikivitamin.com
3.beritasatu.com

Tinggalkan komentar

Filed under Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s